1. Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro yang selanjutnya disebut Institut adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di bawah BPPT-NU.
  2. Fakultas  adalah himpunan sumber daya pendukung yang menyelenggarakan dan mengelola pendidikan akademik, vokasi, dan / atau profesi dalam satu atau beberapa kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Program studi adalah kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan akademik dan / atau profesional yang diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum serta ditujukan agar mahasiswa dapat menguasai pengetahuan, ketrampilan, dan sikap sesuai dengan sasaran kurikulum.
  4. Statuta Institut adalah peraturan dasar pengelolaan Institut yang digunakan sebagai landasan penyusunan peraturan dan prosedur operasional di Institut.
  5. Badan Pengelola Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama yang selanjutnya disingkat BPPT-NU adalah badan yang dibentuk oleh Pengurus Besar  Nahdlatul Ulama.
  6. Dewan Penyantun adalah badan non struktural yang terdiri dari tokoh masyarakat yang mempunyai fungsi memberikan saran dan pertimbangan di bidang non akademik kepada Rektor.
  7. Senat adalah organ Institut yang menyusun, merumuskan, dan menetapkan kebijakan, memberikan pertimbangan, dan melakukan pengawasan terhadap Rektor dalam pelaksanaan otonomi perguruan tinggi bidang akademik.
  8. Pimpinan Institut terdiri atas Rektor dan Wakil Rektor
  9. Rektor adalah organ Institut yang memimpin dan mengelola penyelenggaraan pendidikan tinggi pada Institut.
  10. Dekan adalah pimpinan fakultas di lingkungan Institut yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pendidikan di masing­-masing fakultas.
  11. Ketua Prodi adalah pimpinan prodi di lingkungan Institut yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pendidikan di masing-masing prodi.
  12. Kepala Lembaga adalah pimpinan lembaga pada Institut.
  13. Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan, dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  14. Mahasiswa adalah peserta didik pada jenjang pendidikan tinggi di Institut.
  15. Alumni adalah lulusan program akademik dari Institut.
  16. Sivitas akademika adalah satuan yang terdiri atas dosen dan mahasiswa Institut.
  17. Tenaga Kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat dengan tugas utama menunjang penyelenggaraan pendidikan tinggi di Institut.
  18. Warga kampus adalah sivitas akademika dan tenaga kependidikan Institut
  19. Kopertais adalah lembaga koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta
  20. Tim Formatur adalah tim ad Hoc yang terdiri dari lima orang diketuai oleh Rektor terpilih dan unsur senat yang dibentuk untuk keperluan tertentu.
Visits: 1228