Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan sebuah wadah untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki oleh mahasiswa. Salah satu UKM di IAI Sunan Giri Bojonegoro yang baru dan banyak diminati adalah UKM Fotografi & IT. UKM tersebut membantu mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya terhadap dunia fotografi dan teknologi informasi, yang diberi nama UKM Lensa Aphrodite.

Pagi tadi (Senin, 06/07/2020), UKM Lensa Aphrodite melaksanakan agenda perdananya di tengah kondisi New Normal. Agenda tersebut adalah pelatihan teknik dasar fotografi dengan mengusung tema “Art in Photography“.

Menurut Anggraeni Ketua UKM Fotografi & IT, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengenalkan macam-macam teknik dasar fotografi kepada teman-teman mahasiswa. Sehingga dapat diketahui cara memotret yang baik agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pelatihan dilaksanakan di Aula PCNU Bojonegoro. Adapun pemateri utamanya ialah Bapak M. Tsaqibul Fikri S.Pd., M.Sn. Pada kesempatan tersebut, Pak Fikri (sapaan akrab Beliau) menyampaikan bahwa foto adalah salah satu dokumentasi diri yang saat ini dianggap tidak bermakna. Namun sepuluh tahun kemudian, foto tersebut akan menjelma sebagai sebuah kisah. Maka abadikan momen indah tersebut dengan sentuhan seni yang dipadukan dengan teknik fotografi yang apik.

Peserta yang hadir pada pelatihan tersebut sangat antusias dan menikmati pemaparan materi hingga tuntas. Materi yang disampaikan sangat jelas. Selanjutnya, peserta diajak mempraktekkan teori tersebut secara langsung.

Doc. UKM Lensa Aphrodite (6/7/20)

Menurut Pembina UKM Fotografi & IT Ibu Giati Anisah, M.Pd., UKM yang baru saja berdiri ini membutuhkan banyak sekali pengalaman untuk mengasah kemampuan fotografi. Kegiatan ini adalah kunci pembuka bersinarnya UKM Lensa Aphrodite di masa-masa mendatang.

Ke depannya Beliau berharap bahwa UKM ini bisa melakukan kegiatan yang lebih besar dengan menghadirkan pemateri-pemateri berkompeten lainnya, baik dari dalam kampus maupun luar kampus. Selain itu, Beliau juga menghimbau kepada anggota UKM supaya mengikuti berbagai workshop fotografi.

Sebab keahlian tersebut sangat berpeluang besar di zaman sekarang. Banyak sekali badan usaha yang membutuhkan keahlian fotografi untuk berbagai kebutuhan, seperti foto produk, dan lainnya. (Firda Rizka R. W.)