JQH Al-Humaida (Doc. JQH, 17/9/20)

Tak terasa kepengurusan UKM Jami’iyah Quro’ Wal Huffaz (JQH) memasuki tahun ke-4. Pasalnya, pada Kamis (17/09/2020), Pengurus JQH gelar acara Harlah ke-4 yang diselenggarakan di kampus tercinta, IAI Sunan Giri Bojonegoro. Acara ini dihadiri oleh Pembina JQH, Beliau Ibu Hamidatun Nihayah, M.Th.I., serta teman-teman alumni JQH.

Adapun rangkaian acara harlah JQH dimulai dengan khataman Al-Qur’an sebanyak empat kali. Hal tersebut selaras dengan angka harlah yang ke-4.

Salah satu pengurus JQH, Riska mengatakan, “Acara Harlah ini diagendakan sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT., yang telah memberikan kenikmatan dan kesempatan kepada kita untuk meneruskan perjuangan dalam memuliakan Al-Qur’an. Selain itu, diharapkan ke depannya dapat mencetak generasi terdepan bersama Al-Qur’an,” ujarnya.

Acara Harlah tersebut dimulai tepat pukul 13.30 WIB. Diawali dengan pembukaan, kemudian dilanjut dengan khataman juz 30 serta ditutup dengan do’a bersama.

Pembina JQH IAI Sunan Giri Bojonegoro yang kerap disapa Ibu Niha mengungkapkan, “Acara ini luar biasa, sangat terkesan. Teman-teman mahasiswa sangat antusias dengan acara tersebut. Jujur, saya sempat merinding ketika do’a khotmil Qur’an dibacakan. Selain itu, juga sangat mengena di hati ketika dibacakan al-barjanji.”

Masih dengan Ibu Niha, “Harapan saya ke depan, semoga JQH bisa lebih baik, memberikan keberkahan serta manfaat untuk semua kalangan. Semoga selalu istiqomah dalam menjalankan kegiatan-kegiatan positif dan selalu kompak,” terang Beliau yang juga menjabat sebagai Dosen mata kuliah Tafsir Qur’an tersebut.

Tidak hanya berhenti di situ saja, acara tersebut juga sekaligus diikuti dengan peresmian nama baru oleh Pembina JQH yakni menjadi JQH Al-Humaida. Dengan harapan, agar JQH selalu menjadi yang terpuji dalam hal apapun.

Selaku ketua umum JQH, Maqoshidul A’dhom mengungkapkan, “Merayakan Harlah di tengah pandemi memang sedikit berbeda. Namun, kami merasa senang karena ini Harlah pertama yang dirayakan bersama,” jelas mahasiswa semester 7 Prodi Pendidikan Agama Islam tersebut.

Guna memeriahkan Harlah JQH ke-4, anggota dan pengurus semarak bersama mengunggah foto berhijab dengan warna mustard di twibbon. Selain itu, banyak do’a yang dipanjatkan melalui pamflet oleh saudara/i JQH ataupun UPTQ dari berbagai kota, baik di jawa maupun luar Jawa.

Ke depan, semoga JQH Al-Humaida mampu mencetak banyak generasi terdepan bersama Al-Qur’an. Selain itu, mampu mengajak mahasiswa dalam mendalami kajian Al-Qur’an dan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari. [Rahayu Lestari Putri]

Visits: 553