Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), apa yang terlintas dipikiran kita jika mendengar kata tersebut?. Menurut Wikipedia, UKM adalah wadah aktivitas luar kelas kemahasiswaan untuk mengembangkan minat, bakat, atau keahlian tertentu. Setiap masing-masing kampus pasti memiliki bermacam UKM.

Seperti halnya di IAI Sunan Giri Bojonegoro atau biasa disebut dengan kampus hijau, kampus Aswaja. Kampus ini memiliki berbagai macam UKM, salah satunya adalah UKM Penalaran dan Penulisan (UKMP) karya tulis ilmiah, bernama UKMP Griya Cendekia.

Pendirian UKMP Griya Cendekia, dipelopori oleh Ana Nur Fitria pada bulan Oktober 2016. Anna sapaan akrabnya, merupakan salah satu mahasiswa berprestasi yang mempunyai hobi menulis dan berhasil meraih juara dalam lomba-lomba karya tulis ilmiah. Bersama sahabat karibnya, Siti Li’amanah dan Nana Alzaina, mereka berkonsultasi kepada dosen, dan juga Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, H. Yogi Prana Izza, Lc. M.A., untuk membentuk sebuah UKM yang mewadahi mahasiswa dalam berkarya dan berprestasi melalui tulisan. Kemudian mulailah dirintis UKMP Griya Cendekia yang tetap eksis sampai saat ini.

UKMP Griya Cendekia didirikan agar mahasiswa mengembangkan budaya ilmiah dan budaya literasi, sehingga dapat menciptakan dan membangun iklim ilmiah di kampus. Rahayu Lestari Putri selaku ketua angkatan 2019/2020 UKMP Griya Cendekia mengatakan, “Dengan adanya UKMP Griya Cendekia, diharapkan dapat memudahkan mahasiswa untuk menulis karya ilmiah, baik berupa artikel, jurnal atau skripsi”.

UKM ini dijalankan dengan tertib sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Menjadwalkan dan merealisasikan Proker-proker, seperti pelatihan penulisan esai, kunjungan ilmiah, kelas penalaran dan lain sebagainya. Setiap tahun UKMP Griya Cendekia menggelar Temu Ilmiah UKM Penalaran dan Penelitian Se-Jawa Timur (TIUPPS) yang diadakan satu tahun sekali (bergilir seluruh kampus Jawa Timur) dan tahun 2019 kemarin, IAI Sunan Giri Bojonegoro mendapat kesempatan menjadi tuan rumah TIUPPS XIV.

Baca juga: UKM Penelitian dan Penulisan Ilmiah IAI Sunan Giri Belajar Bersama

Mahasiswa yang tergabung dalam UKM telah menghasilkan karya dalam bentuk buku. Diantaranya, Rahayu yang telah menulis beberapa buku seperti My Life My Love, Biru, Bukan Kehilangan, Semesta, Kartini Masa Kini, Dua solo dan juga beberapa buku antologi. Ia juga meraih juara lomba artikel di Bojonegoro, lomba karya tulis ilmiah di Malang, dan lomba abstrak di Jogja.

Anggota UKMP Griya Cendekia aktif mengikuti berbagai event lomba, termasuk essay tingkat Jawa Timur. Memiliki segudang prestasi seperti, masuk sepuluh besar lomba essay di Mataram Nusa Tenggara Barat. Nana Alzaina, masuk lima besar dalam lomba call for paper. Emi Rohmawati menerbitkan buku Quote Bangkit, dan Jalan Setapak, lolos presentasi lomba karya tulis ilmiah di Surabaya. Siti Femi Listiana juga telah berhasil menulis buku Telulikur, dan Nalika.

Banyak sekali yang sudah dicapai oleh UKM Penulisan dan Penalaran ini. Selaku ketua angkatan 2019/2020, Rahayu berharap agar kedepannya UKM ini dapat memberikan sumbangsih dan manfaat bagi sesama. “Semoga teman-teman UKMP Griya Cendekia lebih semangat lagi, baik untuk berkarya dan memberikan sumbangsih manfaat bagi sesama, terutama dipersembahkan untuk kampus. Semangat berorganisasi dan siap untuk mengupgrade diri. Siap menjadi mahasiswa yang aktif dan selalu berusaha membuahkan prestasi,” ujarnya. [Septiani Favika Putri]