JoomlaLock.com All4Share.net

Events Kampus

Temu Ilmiah & Rapat Bulanan: Bahas Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Menggunakan Lego

Event Details:

  • Date: - -
  • Tempat: Bojonegoro, Jawa Timur 62115
  • Register

Akhir-akhir ini perbincangan seputar ujian nasional semakin ‘menyeruak’ di berbagai daerah. Hal tersebut tentunya juga berkaitan dengan kemampuan dalam hasil belajar anak jaman ‘now’. Salah satu cara peningkatan belajar matematika anak SD (sekolah dasar) dalam bab penjumlahan bilangan bulat, dapat juga menggunakan media lego warna. Midya Yuli Amreta, sebagai salah satu dosen fakultas Tarbiyah menggagas hal tersebut dengan tema “Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Media Lego Warna Bertingkat Di Sekolah Dasar.” Tulisan tersebut di presentasikan pada kegiatan temu ilmiah bulanan di hadapan seluruh dosen fakultas Tarbiyah.

“Kemampuan anak SD kelas 4 untuk memahami hitungan negatif dan positif, ternyata memerlukan media agar anak cepat dalam pengerjaannya. Perumpamaan bilangan negatif digantikan dengan lego warna merah dan bilangan positif digantikan dengan lego warna biru. Lego warna merah dan biru adalah pasangan, jika keduanya selalu berpasangan maka hasilnya nol. Dari penggunaan jumlah lego tersebut akan didapatkan hasilnya, yakni jumlah diambil dari lego yang lebih atau tidak memiliki pasangan, maka lego yang tidak memiliki pasangan adalah hasilnya.” pungkasnya menjelaskan.

Selain itu, pertemuan bulanan tersebut mengevaluasi kegiatan perkuliahan dan membahas sistem kelulusan pada tahun akademik 2017-2018. “Mahasiswa harus selalu didorong dan diberikan motivasi untuk mengerjakan tugas akhir. Bagi dosen pembimbing agar selalu mendampingi pengerjaan skripsi agar mencapai hasil yang maksimal.” tutup Dekan fakultas Tarbiyah. (Red: Fkr)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Log in