Pemenang Lomba Gebyar Qur’ani 1. (Pan_15/03/20)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jam’iyyah Qurro’ wal Huffadz (JQH) IAI Sunan Giri Bojonegoro, mengadakan Gebyar Qur’ani 1 dalam rangka menumbuhkan kecintaan akan Al Qur’an, sehingga menjadi generasi unggul dan kompeten dalam bidang qur’ani.

Kegiatan lomba, terbagi dalam tiga jenis, MHQ (Musabaqoh Hifdzul Qur’an), MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an), dan MSQ (Musabaqoh Syarhil Qur’an). Ditujukan untuk tingkat SMA/MA sederajat, Se-keresidenan Bojonegoro. Lomba diadakan di Kampus IAI Sunan Giri Bojonegoro pada hari Minggu (15/03/20). Dengan harapan, mengembangkan minat dan bakat belajar para generasi bangsa dalam bidang qur’ani.

Kriteria penilaian lomba MHQ, dilihat dari baiknya tajwid, kelancaran, dan lagu. Peniliaian MTQ, dari baiknya tajwid, suara dan lagu, fasholeh, dan adab. Sedangkan untuk penilaian MSQ dinilai tilawah, sari tilawah, dan pensyarah. Peserta lomba dari tingkat SMA/MA sederajat Se-keresidenan Bojonegoro, berjumlah 48 peserta.

Rektor IAI Sunan Giri Bojonegoro, Bapak M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I., tampak hadir membuka acara tersebut. Dalam sambutannya, Beliau mengapresiasi terselenggaranya Gebyar Qur’ani 1 yang diadakan oleh UKM JQH, dengan harapan dapat memacu minat, bakat, dan motivasi peserta.

“Kegiatan ini guna mendukung para generasi muda agar tetap semangat dalam mempelajari serta menghafal Al Qur’an. Dengan mengadakan Gebyar Qur’ani, diharapkan dapat memacu minat, bakat, dan motivasi mereka (peserta lomba) dalam mempelajari serta menghafal Al-Quran,” ungkap rektor kampus Aswaja.

Lebih lanjut, Ahmad Ma’sum Syahab Sholeh, selaku ketua pelaksana, menegaskan niat diselenggarakannya acara tersebut. ”Pelaksanaan Gebyar Qur’ani 1 didasari oleh niat ibadah, karena pada dasarnya kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup manusia,” ujarnya.

Juara kategori MTQ diraih oleh Ahmad Zaki Murtaza sebagai juara I, Rizki Machsun Jazuli, juara II, dan Miftakhul Rizki menempati juara III. Kategori MSQ, juara I diraih oleh grub PP An Nihayah Senori, juara II oleh MA Abu Dzarrin Dander, dan PP Al Musthofa sebagai juara III.

Pemenang perlombaan MHQ yang diraih oleh Siti Rochmatul Azimah sebagai juara I. Waitin Nur Aini sebagai juara II, dan Huda Shodiqon meraih juara III. Penyerahan hadiah kepada sang juara yang diserahkan langsung oleh pembimbing UKM JQH. [Dela Winda Setiara]

Visits: 552