a Institut Agama Islam (IAI) Sunan Giri Bojonegoro tetap mengadakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) untuk Fakultas Tarbiyah dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk Fakultas Syari’ah dan Fakultas Adab. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan IAI Sunan Giri Bojonegoro yang bersifat wajib bagi mahasiswa/i karena PPL-PKL ini berbobot 4 SKS.

Pada tahun ini PPL diikuti oleh 230 mahasiswa Fakultas Tarbiyah, yang terdiri dari Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Sedangkan PKL diikuti oleh 80 mahasiswa Fakultas Syari’ah yang terdiri dari prodi Hukum Ekonomi Syari’ah (HES) dan Hukum Keluarga Islam (HKI), dan 22 mahasiswa Fakultas Adab, yakni dari Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA).

Rencananya PPL untuk Fakultas Tarbiyah dilaksanakan pada tanggal 13 Juli sampai dengan 13 Agustus 2020. Sedangkan pelaksanaan PKL untuk Fakultas Syari’ah gelombang pertama tanggal 22 Juni sampai 21 Juli 2020 dan gelombang kedua tanggal 22 Juli sampai 31 Agustus 2020. Kemudian pelaksanaan PKL untuk Fakultas Adab, Prodi Bahasa dan Sastra Arab dilaksanakan pada tanggal 8 Juli sampai tanggal 8 Agustus 2020.

Pelaksanaan PPL untuk mahasiswa Prodi PAI dilaksanakan di beberapa Madrasah Aliyah (MA) dan SMK baik Negeri maupun swasta di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban yang meliputi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1, 2, 3, 4, dan 5 Bojonegoro, MA Islahiyah Kalitidu, MA Islamiyah Malo, MA Abu Dzarrin, SMK Taruna Balen, MA Walisongo Sugihwaras, dan MAN 2 Tuban. Kemudian Mahasiswa Prodi PGMI akan melaksanakan PPL di MINU Unggulan Sukorejo, SDIT Luqman Al-Hakim Bojonegoro, SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro, dan SDIT Permata Hati Bojonegoro. Sedangkan untuk Prodi PIAUD melaksanakan PPL di TK Nurul Ulum Sukorejo, RA An Nur Purwosari, RA ICP Nurul Ulum Sukorejo, dan RA Nasy’atul Ulum Balen.

Terkait mekanisme PPLdi lingkungan Fakultas Tarbiyah, Dr. Hj. Sri Minarti, M.Pd.I saat penyamaan persepsi Dosen Pembina Lapangan (DPL) (1/7) menjelaskan, bahwa mekanisme PPL di madrasah/sekolah yang telah ditunjuk nanti menyesuaikan dengan instruksi dari Kemenag atau Kemendikbud. “Nanti selama PPL, kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan online/offline kita menunggu kebijakan dan instruksi dari atasan/pihak terkait, yang jelas kita akan memulai PPL ini di saat awal tahun ajaran baru tanggal 13 Juli besok” ungkap Ibu Minarti.

Adapun tempat pelaksanaan PKL untuk Fakultas Syari’ah yaitu, BMT NU Kalitidu, BMT Kacab Bojonegoro, BMT UAS Bojonegoro, BMT BUS KCU Jombang, BMT BUS Montong, BMT UAS Baureno, BMT UAS Kasiman Bojonegoro, BMT UAS Kalitidu, BMT BUS Bojonegoro, BMT BUS Rengel Tuban, BMT BUS Singgahan Tuban, BMT BUS Babat Lamongan dan Bank Mandiri Syari’ah Bojonegoro. Sedangkan untuk Mahasiswa Fakultas Adab yaitu Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) melaksanakan PKL di Museum Empu Tantular Sidoarjo.

Sebelum mahasiswa diterjunkan di bidang praktik masing-masing, pihak kampus memberikan pembekalan dan persiapan baik untuk mahasiswa maupun Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) secara bertahap. Pembekalan PPL oleh DPL dilaksanakan selama dua hari tepatnya Kamis (02/03/20) untuk prodi PAI, dan Jum’at (03/07/20) untuk Prodi PGMI serta PIAUD. Rabu (01/07/20) pihak Rektorat bersama Dekan Fakultas Tarbiyah, seluruh DPL Fakultas Tarbiyah, dan karyawan juga telah melaksaakan rapat koordinasi Penyamaan Persepsi Tugas DPL pada Madrasah/Sekolah di Era New Normal.

Pembahasan pada rapat kali ini meliputi, tugas-tugas DPL dan proses pelaksanaan PPL yang kemungkinan besar pembelajaran bersama siswa dilakukan secara daring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, mengingat keadaan saat ini memang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sebagaimana disampaikan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Hj. Sri Minarti, M.Pd.

Seperti halnya PPL, dilaksanakan pula Pembekalan PKL (29/06/20) dihadiri oleh pihak Rektorat, Dekan, Kaprodi, dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) masing-masing. Usai pembekalan mahasiswa juga melakukan observasi lapangan ke tempat tugas mereka. [sis/din]