Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan salah satu langkah pemerintah untuk menyiapkan guru yang profesional sesuai dengan bidang keahliannya, baik pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, maupun pendidikan menengah untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Pelaksanaan PPG diselenggarakan oleh pemerintah dengan menggandeng perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Adanya kebutuhan PPG tersebut, IAI Sunan Giri Bojonegoro, dalam hal ini Fakultas Tarbiyah yang diwakili oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, Ketua Program Studi (Kaprodi) PAI, Kaprodi PGMI, Kaprodi dan Sekretaris Prodi PIAUD mengadakan penjajakan kerja sama pelaksanaan PPG dengan pihak kampus Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN SUKA Yogyakarta).

Kedatangan rombongan, disambut baik oleh Dekan, Wakil Dekan I, II, III dan Kaprodi PAI, PGMI, serta PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN SUKA Yogyakarta. Prof. Dr. Hj. Sri Sumarni, selaku Dekan FITK UIN SUKA memberikan apresiasi luar biasa atas kerja sama ini. Acara berlangsung lancar dan sukses di ruang rapat FITK.

Mengenai hasil ketercapaian kunjungan kali ini, “Disepakatinya kerja sama dengan FITK UIN SUKA Yogyakarta mengenai PPG guru MI dan RA dari Jawa Timur yang diterima Beasiswa PPG FITK UIN SUKA. Perkuliahannya dapat dilaksanakan di Fakultas Tarbiyah IAI Sunan Giri Bojonegoro mulai tahun ini (2020/2021). Adapun dosen dari Fakultas Tarbiyah yang memenuhi syarat menjadi tenaga pengajar haruslah bergelar doktor, atau magister dengan jabatan lektor kepala. Mengenai kerja sama PPG Mandiri, akan diatur lebih lanjut,” jabar Dr. Hj. Sri Minarti, M.Pd.I., selaku Dekan Fakultas Tarbiyah IAI Sunan Giri Bojonegoro.

Harapan terbaik juga Beliau sampaikan. “Terjalinnya kerja sama yang sangat baik dengan FITK UIN SUKA, diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan di Fakultas Tarbiyah Kampus Hijau ini,” tambah Bu Min, sapaan akrab Beliau.

Kegiatan ini tidak sebatas penjajakan kerja sama PPG, tetapi sekaligus studi komparatif program kampus merdeka, kurikulum merdeka belajar. Acara ditutup dengan penyerahan cendera mata kepada Dekan FITK UIN SUKA Yogyakarta. [Humas]

Visits: 1438