Bersama Narasumber dari Kemenag dan Kemendikbud RI. (IAI-SGB_07/03/20)

Sebagai calon guru profesional, tentu harus dibekali ilmu yang mumpuni. Menuju society 5.0, Institut Agama Islam (IAI) Sunan Giri Bojonegoro gelar Kuliah Tamu pada Sabtu (07/03/20).

Mengusung tema “Transformasi Pembelajaran dan Implementasi Program Pendidikan Keluarga di Sekolah/Madrasah Era Merdeka Belajar Menuju Society 5.0″ ini mendapat apresiasi dari Instruktur Pendidikan Keluarga Kemendikbud RI.

Agenda yang bertempat di Aula lantai 3 tersebut, dihadiri kurang lebih 300 mahasiswa Fakultas Tarbiyah. Dalam sambutannya, Ibu Dr. Hj. Sri Minarti, M.Pd.I. mengungkapkan, “Kuliah tamu pagi ini luar biasa. Sesuai dengan tema hari ini, tentu akan memberikan banyak pencerahan bagi calon guru. Apalagi kebijakan pendidikan saat ini banyak perubahan. Seperti RPP satu lembar dan USBN digantikan dengan asesmen. Guru era 5.0 harus paham IT Literasi.” Jelas Dekan Fakultas Tarbiyah tersebut.

“Ada lima kompetensi yang harus dikuasai di era society 5.0, yaitu critical thinking and problem solving, creativity and innovation, collaboration, communication, computational logic, dan compassion. Guna mencapai kelima kompetensi tersebut, mahasiswa harus berliterasi. Suka membaca, aktif mencari tahu informasi, itu kuncinya.” Terang Dr. Nanik Nurhayati, M.Pd., selaku narasumber dari Kemenag RI.

“Calon guru juga harus paham leadership, pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill), language skill dan pendidikan abad 21.” Imbuhnya.

Senada dengan Dr. Nanik, Muhammad Riono, S.Pd. M.Pd., memaparkan materi terkait pendidikan keluarga. Pasalnya, masih saja ada sekolah atau madrasah yang kurang melibatkan peran orang tua. Padahal, jika orang tua dan pihak sekolah memiliki komunikasi yang bagus, tentu sekolah atau madrasah akan cepat maju dan berkembang.”

“Dan lagi, jika sekolah ingin maju, pakai dua trik ini. Kesatu, pintarkan anaknya. Kedua, pahamkan orang tuanya.” Pungkas pria yang menjabat sebagai instruktur pendidikan keluarga Kemendikbud RI tersebut. [Rahayu Lestari Putri]

Visits: 73