(Doc. Fb Ikhsan Fauzi, 15/9/20)

Tepatnya mulai Maret 2020, Ikhsan Fauzi mahasiswa semester akhir Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah IAI Sunan Giri Bojonegoro mulai mengembangkan hobinya dengan membuat karya melalui Youtube. Karyanya memuat konten tutorial android, film pendek komedi, review gaji youtouber, backsound no copyright, berita yang lagi viral, dan lainnya. 

Rabu (9/9/2020) Pukul 16.00 WIB, Ikhsan mendapat paketan yang berisikan surat Personal Identification Number (PIN) Google Adsens yang dikirimkan langsung dari Malaysia. PIN tersebut menandakan bahwa dia bisa menghasilkan uang melalui Youtube.

Ikhsan menjelaskan, untuk mendapatkan PIN Google Adsens tidaklah mudah. Youtuber harus memenuhi persyaratan yang diberikan oleh pihak Youtube di antaranya; sudah mencapai 1000 subscriber, 4000 jam tayang dan harus sudah lolos monetize (strategi menghasilkan uang).

Setelah monetize dan sudah ada iklan di vidio Youtube maka, sudah bisa mendapatkan Adsens. Mengumpulkan minimal $10 dolar untuk syarat request PIN Google Adsens. Setelah semua syarat terpenuhi, google akan mengirimkan PIN tersebut dari Malaysia ke alamat kita.

Ia mengungkapkan rasa senang dan harapannya atas diperolehnya PIN Google Adsens, “Saya sangat senang atas capaian ini, karena surat PIN penting agar bisa mencairkan penghasilan kita dari Youtube, tanpa PIN google ini gaji kita tidak bisa cair. Ke depannya, saya ingin lebih fokus lagi membuat konten dan ingin mendapatkan Silver Play Button (level apresiasi dari Youtube) pada tahun ini,” ujar pemilik akun Youtube Fauzi Channel Official tersebut.

Ikhsan mengungkapkan harapannya untuk para mahasiswa lain agar bisa ikut berkarya di dunia Youtube dan bisa menghasilkan uang dari karya sendiri, sehingga tidak ada ketergantungan kepada orang tua untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau pun membayar biaya kuliah. Dan dia menegaskan lagi supaya kita bisa berkarya sesuai bakat atau hobi masing-masing.

Selamat kepada Ikhsan atas capaiannya. Ayo, dukung teman kita dalam berkarya dengan subscribe, like, share, and comment. [Dela Winda Setiara]

Visits: 342