Selama masa pandemik Covid-19, perkuliahan di IAI Sunan Giri Bojonegoro dilaksanakan melalui Daring (online). Selama itu pula, mahasiswa banyak menghabiskan waktunya di rumah, dengan beragam aktivitas yang positif, seperti perkuliahan Daring, aktif di Medsos, mengikuti Webinar, menggeluti hobi, dan ikut lomba.

Berdasar kondisi saat ini, dan untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa, maka diadakan lomba Video Blog (Vlog) untuk mahasiswa. “Lomba Vlog dengan tema “Social Distancing? Mahasiswa harus ngapain?” yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (Himafata) bertujuan untuk meningkatkan kapasitas seorang mahasiswa dalam menghadapi pandemi saat ini”, ujar M. Fikri Ardiansyah (Wakil ketua Himafata).

“Mahasiswa dituntut sebagai agent of change, agent of Intellectual, and agent of social control, dalam realita kehidupan. Lalu, mampukah mahasiswa mengimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat?, itu menjadi tantangan bagi seorang mahasiswa yang harus dibuktikan melalui lomba ini,” imbuhnya.

Adapun peserta lomba, ialah mahasiswa Bojonegoro dan sekitarnya. Perlombaan dimulai 7 Mei hingga 13 Mei 2020. Vlog dapat dibuat secara perorangan atau berkelompok, dengan durasi minimal 3-5 menit. Prosedur penilaian dari sudut sinematografi, kesesuaian tema, dan isi.

Pemenang 3 besar Vlog yaitu Novia Nurul Mar’atus Sholikhah sebagai juara pertama, Shofi Chofiatun Nisa di posisi kedua, serta juara ketiga Irfa Nur Aini. Untuk info lengkap pemenang lomba, bisa dilihat di Medsos Himafata, Fb: himafatasunangiribojonegoro, Ig: himafata_sunangiri. Kami mengucapkan selamat untuk para pemenang lomba, bagi yang belum menang, ditunggu agenda lomba selanjutnya. [Filayati Nur A.]