Suatu organisasi harus memiliki tujuan yang jelas untuk kedepannya yang diikuti dengan langkah-langkah dalam mencapai tujuan tersebut. Organisasi terdiri dari anggota–anggota yang mana masing-masing memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang cara mencapai tujuan tersebut. Maka dari itu sangat diperlukan sosok yang mampu mengkoordinasikan anggotanya dengan segala sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

Sosok tersebut adalah seorang pemimpin. Dalam menentukan dan memilih seorang pemimpin tidak dapat dilakukan secara sembarangan atau kehendak masing-masing karena nantinya pemimpin akan menentukan gagal atau berhasilnya suatu organisasi. Oleh karena itu, diperlukan perumusan kriteria–kriteria dan persyaratan bagi seseorang yang layak dipilih menjadi pemimpin.

Berdasarkan uraian di atas, Racana sebagai suatu organisasi juga perlu melakukan hal tersebut. Racana merumuskan kriteria dan persyaratan bagi calon pemimpin dan memilihnya melalui kegiatan musyawarah yang disebut Musyawarah Dewan Pandega (Musdega).

Dalam Musyawarah ini, pengurus (Dewan Racana) periode sebelumnya menyampaikan laporan pertanggungjawaban selama satu periode tersebut. Kemudian, semua anggota Racana beserta pengurus menentukan arah Racana dalam satu periode ke depan. Alangkah baiknya kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar agar menjadi evaluasi bagi Racana untuk lebih baik dalam mencapai tujuannya sebagai suatu organisasi.

Dalam konteks tersebut, Racana Sunan Giri-Dewi Wardah Gugus Depan Perguruan Tinggi Bojonegoro 01.193-01.194 Pangkalan IAI Sunan Giri Bojonegoro melaksanakan Musyawarah Pandega (Musdega) IV Racana Sunan Giri-Dewi Wardah Gudep Perti Bojonegoro 01.193-01.194 IAI Sunan Giri Bojonegoro. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 11-12 Juli 2020 di Aula kampus IAI Sunan Giri Bojonegoro.

Namun kali ini, kegiatan Musdega terlaksana di tengah-tengah pandemi Corona, sehingga ada pembatasan peserta yang hadir. Maka, peserta dibagi menjadi 2 yaitu peserta online dan peserta offline. Peserta online diikuti oleh 44 peserta melalui aplikasi Zoom. Dan untuk peserta offline atau yang hadir di tempat diikuti 30 peserta dengan tetap mentaati dan melaksanakan protokol kesehatan yang telah tertera.

Salah satu capaian dalam Musdega IV ialah terpilihnya Kak Nurul Huda sebagai Ketua Dewan Racana Sunan Giri dan Kak Shofi Chofiatun Nisa sebagai Ketua Dewan Racana Dewi Wardah Periode 2020-2021 Gugus Depan Perguruan Tinggi Bojonegoro 01.193-01.194. Selamat dan sukses atas capaiannya. Semoga amanah dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya dalam pengembangan agenda kedepannya. [Indira]