Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam IAI Sunan Giri Bojonegoro, mengadakan Ngobrol Produktif (seminar) dalam rangka memperingati hari Kartini yang bertema “Perempuan Cerdas, Perempuan Berdaya, Perempuan Menginspirasi. Narasumbernya, Dr. Imroatul Azizah, M.Ag., selaku Wakil Rektor II IAI Sunan Giri Bojonegoro, dengan moderator Dinda Dwi R.W., Sekertaris HMP PAI.

Acara diadakan pada hari Rabu (22/04/20) secara online melalui grup WhatsApp dengan jumlah peserta, hampir 180 mahasiswa. Kegiatan dimulai pukul 18.30 WIB, diawali dengan perkenalan narasumber dan moderator. Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang perempuan yang cerdas, berdaya, dan inspiratif dan juga cerita riwayat hidup R.A Kartini.

Dr. Imroatul Azizah, M.Ag. yang akrab disapa Bu Im, memaparkan tentang perempuan yang harus cerdas, “Banyak kasus kekerasan menimpa perempuan, diantaranya kekerasan dalam rumah tangga, dan Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO). Supaya kejadian tersebut tidak terulang lagi, perempuan harus menjadi perempuan yang cerdas dalam berbagai hal, baik intelektualnya, emosinya, dan spiritualnya”.

“Kemudian selain menjadi perempuan yang cerdas juga harus menjadi perempuan yang berdaya dan inspiratif yaitu memiliki mental yang sehat dan bagus, dan juga mampu memotivasi orang lain menjadi lebih baik,” imbuh Beliau. Selesai paparan oleh narasumber, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Antusias mahasiswa yang luar biasa mendapatkan apresiasi dari Ketua Himaprodi PAI, “Antusias luar biasa dari peserta Kami apresiasi, dan akan kami agendakan kegiatan yang serupa untuk memperluas pengetahuan mahasiswa,” ujar Ifa.

Tujuan adanya kegiatan ini untuk memberikan motivasi terhadap peserta, terutama peserta perempuan agar menjadi perempuan yang berintegritas, berperilaku menginspirasi orang lain, berdaya, dan memiliki mental yang sehat dan kuat. Sehingga, dapat bersaing dan berkarya dalam berbagai hal. [Arfinza Fajrul F.]