Pemberikan ‘bekal’ sebelum menjalankan progam Praktek Kerja Lapangan (PKL), merupakan agenda rutin di Fakultas Syariah IAI Sunan Giri Bojonegoro.  Penyelenggaraan acara Pembukaan dan Pembekalan PKL (29/6/2020) Prodi HES terbagi dalam 2 sesi, mengingat situasi pandemi saat ini.

Sesi pertama dilaksanakan pukul 08.00 sampai 10.30 WIB, sedangkan sesi kedua dilaksanakan pada pukul 11.30 sampai 13.00 WIB. Bertempat di Aula IAI Sunan Giri Bojonegoro, kegiatan dilaksanakan dengan mempertimbangkan protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker dan menjaga jarak.

Pembekalan PKL diikuti oleh mahasiswa Fakultas Syariah, yang di dalamnya mencakup Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) dan Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI). Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa terkait tugas dan kewajibannya selama melaksanakan PKL. Kegiatan dihadiri oleh Rektor IAI Sunan Giri Bojonegoro, Dekan Fakultas Syariah, Kaprodi HES, Kaprodi HKI, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta mahasiswa.

Bapak M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I., selaku rektor IAI Sunan Giri Bojonegoro. Beliau menyampaikan pesan kepada mahasiswa untuk tetap menjaga kesehatan dan menjaga nama baik almamater. Dekan Fakultas Syariah, Dr. Nurul Huda, M.H.I., juga menyampaikan beberapa hal terkait apa yang diperlukan dalam dunia kerja. Diantaranya skill, niat dan tekat untuk sukses, bersedekah, dan juga menjaga prilaku di tempat kerja.

Selain itu H. Shofa Robbani, Lc. MA., selaku Kaprodi HES juga turut hadir dengan menyampaikan beberapa poin kode etik. Antara lain yaitu, perilaku, mudah bergaul, harga diri, dan laporan tepat waktu. Beliau juga menambahkan tentang adat kerja, di mana mahasiswa yang mengikuti PKL harus melakukan pendekatan kekeluargaan dengan menganggap semua mitra dan rekan kerja adalah keluarga.

Tahun ini, Mahasiswa HES yang melaksanakan PKL berjumlah 59 mahasiswa. Adapun tempat PKLnya yaitu, BMT NU Kalitidu, BMT Kacab Bojonegoro, BMT UAS Bojonegoro, BMT BUS KCU Jombang, BMT BUS Montong, BMT UAS Baureno, BMT UAS Kasiman Bojonegoro, BMT UAS Kalitidu, BMT BUS Bojonegoro, BMT BUS Rengel, BMT BUS Singgahan Tuban, dan BMT BUS Babat Lamongan.

PKL Dibagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 22 Juni sampai tanggal 21 Juli 2020. Sedangkan gelombang kedua dilaksanakan pada tanggal 22 Juli sampai tanggal 31 Agustus 2020.

Sedangkan dari Prodi HKI, dengan jumlah 21 mahasiswa, akan PKL di KUA Bojonegoro, KUA Dander, KUA Kapas, dan KUA Trucuk. Dilaksanakan mulai 13 Juli hingga 13 Agustus 2020. [Septiani Favika Putri]