Setelah sukses dengan pemberkasan Calon Mahasiswa Baru (Camaba) tahap dua, IAI Sunan Giri Bojonegoro melaksanakan pemberkasan tahap tiga. Pemberkasan tersebut berlangsung selama dua hari, yaitu Kamis-Jum’at (1-2 Oktober 2020). Untuk menghindari timbulnya kerumunan, kegiatan tersebut dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pertama pada pukul 09.00-11.30 WIB dan sesi kedua pada pukul 13.00-15.30 WIB.

H. Miftahul Mufid, M.Pd.I., selaku Ketua Koordinator Kesekretariatan PMB 2020/2021 menyatakan bahwa pemberkasan tahap tiga ini tidak jauh berbeda dengan pemberkasan pada tahap sebelumnya. Camaba yang hadir dalam pemberkasan tersebut harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Misalnya memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. Selain itu, mereka juga harus membawa beberapa berkas untuk verifikasi data. Adapun yang berhasil verifikasi data pada pemberkasan tahap tiga kemarin adalah 145 Camaba. Prodi HES 24 orang, Prodi HKI 10 orang, BSA 7 orang, PGMI 16 orang, PIAUD 10 orang, dan PAI 78 orang.

Kendala pada pemberkasan tahap tiga, Camaba dibingungkan karena belum memiliki ijazah dari Madrasah Aliyah/sederajat. Melihat hal tersebut, pihak panitia PMB IAI Sunan Giri Bojonegoro memberikan keringanan dengan penangguhan dalam pengumpulan ijazah tamat SLTA.

Hal tersebut dilakukan dengan menandatangani surat pernyataan, bagi yang belum memiliki ijazah. Di sisi lain, Camaba yang berada di pondok, minim akses gawai, sehingga kurang dalam menerima informasi pemberkasan.

Proses pemberkasan ini sangat penting bagi Camaba. Dengan mengikuti pemberkasan tahap tiga ini, Camaba akan mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM).

NIM menjadi salah satu syarat untuk mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). “Jika tidak mengikuti PBAK, maka mahasiswa tidak dapat mengikuti ujian skripsi pada masa yang akan datang. Sebab tidak memiliki sertifikat PBAK. Di samping itu, mereka juga tidak bisa menikmati fasilitas yang ada di kampus, seperti peminjaman buku di perpustakaan, dan pengajuan NIRM,” Imbuh Pak Mufid. [Firda Rizka R. W.]

Visits: 114