Penyerahan Cinderamata oleh Rektor IAI Sunan Giri Bojonegoro kepada Camat Kanor
(Dok. IAI SGB)

Kamis, 06 Februari 2020

Penutupan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) pemberdayaan masyarakat berbasis riset Institut Agama Islam Sunan Giri (IAI SG) Bojonegoro Tahun 2020, mengusung tema “Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Energik” telah dilaksanakan pada hari ini (6/2/2020) di kantor Kecamatan Kanor dengan dihadiri tamu undangan, diantaranya camat Kanor beserta jajarannya, Wakapolsek, Danramil, kepala desa di Kecamatan Kanor, dan perwakilan dari Bank Mandiri Syariah cabang Bojonegoro.

Semua pihak telah mendukung atas terlaksananya KKN di Kecamatan Kanor, sehingga KKN berjalan dengan sangat baik, dan sebagian bukti tampak dari hasil yang terdisplay. Masyarakat Kanor yang memiliki potensi luar biasa, diharapkan mampu mengembangkan hasil pemberdayaan selama KKN untuk meningkatkan perekonomian dan menjadi kecamatan yang maju serta unggul di Bojonegoro, demikian harapan yang disampaikan M. Jauharul Ma’ari M.Pd.I., selaku rektor IAI SG Bejonegoro dalam sambutannya.

Hal yang sama disampaikan Bapak Muhammad Mahmud, S. Sos., selaku camat Kanor, yang mengharapkan masyarkat mampu mengembangkan potensi desanya, sehingga di semua desa muncul potensi khas berupa kerajinan, makanan, minuman, tempat wisata, dan lainnya. “Dari hasil teman-teman menggali potensi di desa akhirnya terwujud di sebelah ini (Bazar hasil KKN). Sejalan dengan harapan ibu bupati, setiap desa harus dimunculkan potensi desanya.” Tutur beliau. Potensi yang diperoleh selama program KKN, selanjutnya akan dilaporkan ke pemerintah Kabupaten Bojonegoro, sehingga dapat dilakukan tindak lanjut berupa pembinaan bersama instansi terkait, dan lainnya. Melalui kegiatan KKN, diharapkan masyarakat Kanor menjadi lebih baik, dan mampu dari segi perekonomian.

Di dalam kesempatan ini pula, Bapak Mahmud mewakili pemerintah Kecamatan Kanor mengucapkan banyak terima kasih kepada peserta KKN dan IAI Sunan Giri Bojonegoro atas terlaksananya KKN, dan semoga di tahun yang akan datang KKN dapat dilaksanakan kembali di Kecamatan Kanor

Pemerintah Kecamatan Kanor sangat mendukung program KKN, sehingga diperoleh hasil masimal atas kerja keras masyarkat bersama peserta KKN sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat di 20 desa. Hasil pemberdayaan perekonomian warga melalui inovasi produk berupa masterplan edukasi wisata air, hasil olahan dari limbah buah naga, lele, daun kenikir, gedebok pisang, murbei, tempe, daun kersen, janggel jagung, pepaya, bambu, tahu, TOGA, dan lainnya. Hasil tersebut tidak terlepas dari pemberdayaan masyarakat melalui riset dengan menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) atau ABCD (Asset Bassed Community Development) serta bekerjasama dengan pihak terkait, antara lain Pemerintah desa, Pemkab Bojonegoro, UMKM Bojonegoro, UMKM Jawa Timur, PKK, Karang Taruna, IPNU dan IPPNU. [humas]

Visits: 33