Kamis (13/08/2020), mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam IAI Sunan Giri Bojonegoro mengakhiri kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di MAN 1 Bojonegoro. Hal tersebut ditandai dengan kegiatan penutupan yang berlangsung secara sederhana, namun penuh makna.

Mengingat bahwa saat ini kita masih berada dalam lingkaran pandemi virus Corona. Agenda penutupan tersebut dihadiri oleh Kepala MAN 1 Bojonegoro, segenap jajaran pimpinan MAN 1 Bojonegoro, bapak/ibu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta Ibu Hamidatun Nihayah, M.Th.I., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Agenda yang dilaksanakan di ruang meeting MAN 1 Bojonegoro tersebut diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh Ahmad Mushonniful Ahkam dengan gaya Nahawannya yang khas. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan singkat dari perwakilan mahasiswa IAI Sunan Giri Bojonegoro.

Pada kesempatan tersebut, Ahmad Zamroni, selaku perwakilan mahasiswa menyampaikan terima kasih kepada segenap dewan guru yang telah memberikan banyak ilmu dan bimbingannya untuk mahasiswa PPL IAI Sunan Giri Bojonegoro. Semoga dapat bermanfaat dalam kehidupan saat ini dan masa yang akan datang.

Selain itu, Zamroni juga menyampaikan permohonan maaf, jika selama satu bulan ini mahasiswa PPL kurang maksimal dalam melaksanakan praktik kependidikan. Selanjutnya, Ibu Hamidatun Nihayah, M.Th.I. juga memberikan sambutan yang sekaligus menjadi pertanda bahwa PPL di MAN 1 Bojonegoro telah usai.

Dalam kesempatan tersebut, DPL yang akrab disapa Bu Niha, menyampaikan banyak terima kasih kepada segenap dewan guru yang telah menerima dan membimbing 16 mahasiswa IAI Sunan Giri Bojonegoro ini selama satu bulan. “Jika Bapak Kepala MAN 1 Bojonegoro menghendaki salah satu mahasiswa kami untuk direkrut di lembaga ini, kami merasa sangat senang dan menjadi nilai plus tersendiri bagi kami”, pungkasnya yang mengundang guratan senyum dari hadirin yang ada dalam forum tersebut.

Di akhir acara, Kepala MAN 1 Bojonegoro, M. Saifuddin Yulianto, S.Ag. M.Pd.I. manyampaikan pesan dan kesan kepada mahasiswa PPL IAI Sunan Giri Bojonegoro. Seperti biasa, dengan gayanya yang khas, Beliau memberikan banyak nasehat melalui kisah perjalanan hidupnya yang penuh dengan makna. Agenda yang berlangsung selama satu jam tersebut diakhiri dengan penyerahan cendera mata secara simbolis oleh DPL, Hamidatun Nihayah, M.Th.I. kepada Kepala MAN 1 Bojonegoro, M. Saifuddin Yulianto, S.Ag. M.Pd.I..

Cenderamata yang diberikan kali ini berbeda dengan biasanya. Mahasiswa PPL IAI Sunan Giri Bojonegoro berinisiatif untuk memberikan kenang-kenangan berupa wakaf tanah seluas 1 M2 untuk Masjid At-Tauhid, MAN 1 Bojonegoro. Harapannya adalah semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi amal jariyah bagi semuanya. Sebagai penutup acara, mahasiswa PPL IAI Sunan Giri Bojonegoro dan dewan guru MAN 1 Bojonegoro melakukan foto bersama. [Firda Rizka R.W.]

Visits: 82