Rektor IAI Sunan Giri Bojonegoro didampingi Wakil Rektor I dan Dekan Fakultas Tarbiyah hadir memimpin rapat koordinasi penyamaan persepsi tugas Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Rapat tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi tugas DPL berkaitan dengan hak dan kewajibannya, serta mempersiapkan berbagai hal yang terkait Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Rencananya, PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa Prodi PAI, PGMI, dan PIAUD dimulai 13 Juli 2020 sampai 13 Agustus 2020. Adapun tempat PPL untuk mahasiswa PAI di MAN 1, MAN 2, MAN 3, MAN 4 dan MAN 5 Bojonegoro, MA Islahiyah Kalitidu, MA Islamiyah Malo, MA Abu Dzarrin, SMK Taruna Balen, MA Walisongo Sugihwaras, dan MAN 2 Tuban.

Mahasiswa Prodi PGMI akan melaksanakan PPL di MINU Unggulan Sukorejo, SDIT Luqman Al-Hakim Bojonegoro, SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro, dan SDIT Permata Hati Bojonegoro. Sedangkan mahasiswa Prodi PIAUD akan melaksanakan PPL di TK Nurul Ulum Sukorejo, RA An Nur Purwosari, RA ICP Sukorejo, dan RA Nasy’atul Ulum Balen.


Rapat yang dilaksanakan pada hari Rabu (01/07/2020) tersebut dihadiri oleh pihak Rektorat, Dekan Fakultas Tarbiyah, seluruh DPL, dan karyawan. Pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Hj. Sri Minarti, M.Pd.I., memaparkan bahwa tugas dari DPL di antaranya adalah memberikan pembekalan kepada mahasiswa, membimbing pelaksanaan PPL, menyerahkan dan mendampingi mahasiswa pada pihak madrasah tempat PPL, serta membimbing pembuatan laporan PPL.

Selain itu, Beliau juga menjelaskan bahwa PPL yang akan dilaksanakan pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumya. Banyak hal yang perlu diperhatikan. Mahasiswa yang melaksanakan PPL di era New Normal harus tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti jaga jarak, memakai masker, sering cuci tangan dengan sabun, dan membawa hand sanitizer. Di samping itu, mahasiswa diharuskan memiliki paket data, karena kemungkinan besar pembelajaran akan berlangsung secara Daring.

Di sisi lain, Rektor IAI Sunan Giri Bojonegoro, Bapak M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I., menyampaikan pesan bahwa PPL harus diikuti dengan sungguh-sungguh oleh mahasiswa, sehingga dapat menambah pengalamannya dalam dunia mengajar. Kegiatan PPL dapat dibagikan di berbagai media sosial. Di samping menjadi bukti untuk laporan, konten tersebut juga dapat dijadikan sebagai ajang menarik minat masyarakat untuk mendaftarkan diri di kampus Aswaja ini. Beliau juga mengharapkan adanya keberlanjutan program kerjasama dengan sekolah yang dijadikan tempat PPL. (Firda Rizka R. W.)