Sebagai mahasiswa, Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan hal yang lazim dilaksanakan. Kegiatan PKL merupakan salah satu syarat kelulusan mahasiswa, selain KKN dan skripsi. PKL dilaksanakan sebagai bentuk implementasi ilmu di lapangan.

Pada (07/07/20), Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) melaksanakan pembekalan PKL bagi seluruh mahasiswa semester tujuh. Agenda ini bertempat di ruang dosen. Bapak Rektor, M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I serta dosen pendamping mahasiswa turut hadir untuk memberikan pembekalan. Kendati demikian, semua yang hadir tetap menggunakan protokol kesehatan.

“PKL tahun ini terpaksa harus dilaksanakan secara Daring. Di tahun-tahun sebelumnya, PKL Prodi BSA dilaksanakan di kantor Kementerian Agama. Selain itu, di Pusat Pengembangan Bahasa di UIN Malik Ibrahim Malang, serta di Museum Mpu Tantular Sidoarjo,” ungkap peserta PKL yang sering disapa Aliffy tersebut.

Masih dengan Aliffy, “Tahun ini PKL dilaksanakan secara Daring. Kebetulan kampus kembali bersinergi dengan pihak Museum Mpu Tantular. Karena PKL tahun lalu, kakak tingkat mendapat apresiasi yang sangat baik. Kelompok PKL dari IAI Sunan Giri Bojonegoro menghasilkan karya transliterasi. Selain itu, berupa terjemahan serta salin ulang manuskrip. Alhamdulillah karya tersebut telah menjadi rujukan bagi peneliti-peneliti baru.”

“Tahun ini, kami akan terus berusaha dan membuktikan kembali, bahwa mahasiswa Prodi BSA sangat berkompeten di bidangnya.” Pungkasnya. [Rahayu Lestari Putri]