Peserta Lomba Mewarnai. (Pan_06/03/20)

Jum’at (06/03) Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (HMPS PIAUD) Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro mengadakan lomba mewarnai tingkat KB (Kelompok Bermain) dan TK/RA, dan lomba hadits dengan metode yahqi. Acara ini merupakan salah satu dari rentetan kegiatan Gebyar PIAUD ke-3 dan dalam rangka Harlah PIAUD ke-6.

Peserta lomba mewarnai yang awalnya di targetkan berjumlah 150 peserta baik dari KB dan TK/RA, membeludak hampir 200 peserta. Sedangkan untuk lomba hadits, diikuti 100 peserta usia 4-6 tahun, baik dari RA/TK, umumnya berasal dari Bojonegoro dan Tuban.

Agenda yang bertempat di Aula PCNU Bojonegoro tersebut, dibuka oleh bunda Alfidatul Mudzakiroh selaku ketua HMPS PIAUD. Di dalam sambutannya, ditegaskan akan keberadaan dan kontribusi Prodi PIAUD IAI Sunan Giri Bojonegoro. Serta, menyampaikan akan pentingnya mengenalkan karakter kemandirian dan disiplin, pengembangan aspek perkembangan anak melalui mewarnai dan melafalkan hadits dengan metode YAHQI pada anak usia dini.

Adapun pemenang lomba mewarnai terbagi menjadi dua kategori (Kategori KB, dan TK/RA). Kategori KB dimenangkan oleh KB ABA 2 Salam, sebagai juara I, juara II diraih oleh KB Nurul Ummah 02 Plesungan, dan juara III oleh KB Puspita Ayu.

Kategori RA/TK, juara I diraih TK PKK Sidodadi. Juara II TK Al Hidayah Rengel, dan juara III diraih RA Subulussalam. Hadiah diberikan secara simbolis pada akhir acara.

Sedangkan pemenang lomba hadits dengan metode YAHQI diumumkan pada tanggal 8 Maret 2020, pada puncak acara Gebyar PIAUD 2020. Roudlotun Ni’mah, selaku juri lomba hadits mengapresiasi antusias anak-anak, “Apresiasi luar biasa untuk anak-anak, atas antusiasnya mengikuti lomba hadits. Semoga semakin bersemangat untuk melafalkan hadits dengan cara yang menyenangkan, salah satunya dengan metode YAHQI,” ujar Beliau.  [Kholisoh/Kusna]