Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang menerima kunjungan studi banding dari IAI Sunan Giri Bojonegoro, Sabtu 8/2/2020. Yakni Program Pascasarjana IAI Sunan Giri Bojonegoro.

Rombongan diterima oleh Wakil Rektor I Dr. Sutomo, M.Sos., didampingi oleh Wakil Rektor II Dr. Hilmi Muhammad, MM., Dekan FIK Dr. Saifudin, M.Pd., dan Dr. Aries Munandar, M.Pd., selaku Kaprodi Magister Pendidikan Islam.

Sedangkan Pascasarjana IAI Sunan Giri Bojonegoro dipimpin oleh Dr. Hj. Sri Minarti, M.Pd.I., selaku Direktur, ikut dalam rombongan tersebut Kaprodi Magister Pendidikan Agama Islam Dr. Hamam Burhanuddin, M.Pd.I., beserta Kaprodi S1 PAI dan Kaprodi PIAUD.

Wakil Rektor I Dr. Sutomo, M.Sos., menyampaikan bahwa dalam kunjungan ini dimaksudkanuntuk saling berbagi informasi dan pengalaman dalam mengelola pascasarjana, terkhusus pola manajemen yang dilakukan oleh Pascasarjana Unira Malang.

“Dengan studi banding ini kita berharap menjadi penyemangat dari masing-masing lembaga dalam mengelola sekaligus melakukan langkah strategis dan konkrit untuk berkolaborasi dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi”, ujarnya.

Foto: Warek I Unira Malang Bersama Direktur Pascasarjana IAI Sunan Giri Bojonegoro

Sutomo menjelaskan bahwa dua hal yang harus menjadi focus perhatian dalam mengelola Perguruan Tinggi terkhusus pascasarjana, yaitu pengembangan keilmuan baik dalam kegiatan penguatan literasi, penelitian, dan pengabdian masyarakat dan “Mengubah” mindset civitas akademik agar siap menghadapi tantangan global.

“Dengan kolaborasi program-program internasional dapat mengubah budaya akademik”, tegasnya.

Dr. Hilmi Muhammad, MM., selaku Warek II juga menambahkan, bahwa dalam pengelolaan PTS menjadi penting untuk memperhatikan tata kelola keuangan.

“Karena tata kelola keuangan ini menjadi jantungnya dalam mengelola dan mengembangkan perguruan tinggi swasta”, ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Dr. Aries Musnandar, M.Pd., selaku Kaprodi Pendidikan Islam Pasca Sarjana Unira Malang menyambut baik dengan menawarkan program kolaborasi, baik antar dosen, mahasiswa, dan para pimpinan dalam kegiatan yang riil.

“Harus tancap gas untuk mengembangkan pendidikan terlebih untuk pengembangan perguruan tinggi swasta”, ujarnya.

Dr. Aries Musnandar, M.Pd., menyampaikan bahwa pada bulan April 2020 nanti, menawarkan program kolaborasi konferensi internasional di Malaysia dan Singapura.

“Kita (Unira Malang) pada bulan April nanti ada program kolaborasi konferensi internasional di Malaysia dan Singapura yang saat ini sudah terdaftar oleh teman-teman dari anggota LPTNU Kabupaten Malang dan sekitarnya”, ujarnya.

Sementara itu, Dr. Hj. Sri Minarti, M.Pd.I selaku ketua rombongan sekaligus Direktur Pascasarjana IAI Sunan Giri Bojoneogoro mengatakan, berterimakasih atas penyambutan yang hangat dari Unira Malang, sekaligus berharap bias banyak belajar tentang pengelolaan Pascasarjana.

“Kami berterima kasih atas penyambutannya dan kami banyak belajar di sini terkait tata kelola perguruan tinggi”, ujarnya.

Dr. Sri Minarti mengatakan bahwa pihaknya berharap nantinya bias menjalin kerjasama atau MoU dengan Unira Malang.

“Sebagai sesama PTS yang relatif baru dan Unira Malang lebih senior, tentunya dalam mengelola Pascasarjana, kita berharap nantinya dapat menjalin kerjasama”, pungkasnya.

Kegiatan studi banding ini diakhiri dengan melakukan kunjungan ke kampus 2 Unira Malang yang dalam proses pembangunan yang terletak di Desa Palaan Nganjum. (*)

 

Copyrights belong to malang satu

Sumber: https://www.malangsatu.id/2020/02/kembangkan-kampus-modern-iai-sunan-giri.html

Visits: 43