PPS PIAUD (Perkumpulan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini) Indonesia, adakan syawalan online pada hari Sabtu (30/05/20), bertepatan dengan 7 Syawal 1441 H. Acara melalui Zoom meeting dari pukul 09.00 – 11.00 WIB, dengan tema “Syawalan, Kita, dan PPS PIAUD Indonesia”.

Syawalan dibuka oleh Ibu Ine Nirmala, M.Pd., dari Universitas Singaperbangsa Karawang selaku host. Dilanjutkan kalimat sambutan dari Ketua PPS PIAUD Indonesia Dr. Sigit Purnama, M.Pd., dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Beliau menyampaikan gagasan pelaksanaan Webinar Online di masa Covid-19, “PPS PIAUD Indonesia membutuhkan dukungan dari Bapak/Ibu semua, atas partisipasinya (menjadi panitia, narasumber, maupun host), dalam kegiatan Webinar, untuk sharing bersama terkait PIAUD”.

Selanjutnya, syawalan dirangkai dalam sesi paralel (Parallel section) dengan narasumber pertama, Bu Laili Ramadani, M.A., dari Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang, menyampaikan Ikrar Syawalan. Pemateri kedua, Dr. Khadijah M.Ag, dari UIN Sumatra Utara, dengan materi Hikmah Idul Fitri.

Materi ke-3, oleh H. Mursid, M,Ag., UIN Walisongo Semarang, Tausiah Syawalan; makna Syawalan, Halal bi halal, dan bersilaturahmi. Pemateri ke-4, Dr. M. Yusuf Tahir, UIN Alauddin Makassar, menyampaikan momen syawalan, sebagai momen terbaik bermaaf-maafan. Terakhir, Hj. Ainna Amalia, M.Psi dari STAI Miftahul Ula Nganjuk, dengan bahasan riset dan publikasi di masa pandemi.

Beberapa poin penting yang dapat dipetik diantaranya, meski kondisi pandemi (Covid-19), PPS PIAUD Indonesia, tetap bisa bersilaturahmi melalui virtual. Dibutuhkannya dukungan untuk kegiatan Webinar oleh Bapak/Ibu anggota PPS sebagai bentuk kontribusi aktif untuk kemajuan PPS PIAUD Indonesia, Webinar dapat dilakukan per wilayah. Tetap aktif melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, termasuk penelitian kolaborasi.

Agenda Webinar materi PIAUD selanjutnya, telah dirancang, dan terlampir. Video syawalan, dapat disimak kembali melalui akun Youtube, https://www.youtube.com/watch?v=sxs8r0Kt9Rg. [Humas]