Menindaklanjuti Webinar Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (Prodi BSA) Seri 1, pada hari Jum’at (24/7/2020) telah dilaksanakan Webinar Seri 2. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini tema yang diangkat adalah “Representasi Museum Mpu Tantular Jawa Timur sebagai Upaya Menjaga Warisan Budaya Nusantara”.

Malia Fransisca, M.Pd.I., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menyampaikan tujuan diadakannnya Webinar ini. “Tujuan diadakannya webinar PKL BSA Seri 2 adalah untuk melanjutkan webinar PKL BSA Seri 1. Webinar ini dilaksanakan sebagai tugas tambahan PKL Daring di Museum Mpu Tantular,” ujar Beliau.

Tahun lalu peserta PKL datang langsung ke Museum Mpu Tantular Sidoarjo, dan mendapat tugas tambahan untuk menjadi guide. Namun karena adanya pandemi, tahun ini PKL hanya bisa dilaksanakan secara Daring. Oleh karena itu, sebagai ganti tugas tambahan, peserta PKL BSA diharuskan mengadakan dan mengikuti Webinar ini.

Adapun peserta Webinar, kurang lebih 50 peserta (baik dari dalam dan luar kampus). Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Saeful Anwar, M.Fil.I., yang juga sebagai DPL PKL kelompok 2 Prodi BSA.

Dilanjutkan dengan paparan pemateri. Materi pertama disampaikan oleh Drs. Edi Iriyanto, M.M. (Kepala Museum Mpu Tantular). Pemateri kedua, Sadari S.Sn. (Kasi Preparasi dan Bimbingan Edukasi). Beliau sekaligus menyampaikan materi dari Drs. Sri Edi Tjahjo Kuntjoro (Kasi Koleksi dan Konservasi) yang berhalangan hadir karena sakit. Setelah paparan, lanjut sesi tanya jawab.

Meskipun ada kendala dengan jaringan saat Webinar, secara keseluruhan Webinar Seri 2 ini tetap berjalan dengan lancar hingga akhir acara. Nantikan Webinar Seri 3 Prodi BSA, sebagai pemungkasnya dalam Webinar series. [Septiani Favika Putri]